Arsip
Statistik User

Profil

  1. Diposting tanggal : 31 Mei 2010

Inspektorat Kota Medan dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah kota Medan No. 3 Tahun 2009 sebagai pelaksana pengawasan fungsional yang dipimpin oleh seorang Inspektur. Inspektorat Kota Medan adalah bagian dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berada di dalam lingkup Pemerintah Kota Medan di mana kedudukan Inspektorat Kota Medan sejajar dengan dinas atau badan di Pemerintah Kota Medan yang dipimpin oleh Pejabat Eselon II/b.

Menurut Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kota Medan dan Peraturan Walikota Medan Nomor 10 Tahun 2010 tanggal 4 Januari 2010 tentang Rincian Tugas Pokok dan Fungsi Inspektorat Kota Medan, Inspektorat mempunyai tugas membantu melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintah daerah.

Dengan demikian pada hakekatnya Tugas Pokok Inspektorat Kota Medan merupakan upaya pembinaan, penyempurnaan, penertiban, pengawasan, dan pengendalian manajemen secara terencana, bertahap, dan berkelanjutan untuk peningkatan kinerja seluruh Unit Satuan Kerja dalam ruang lingkup Pemerintah Kota Medan, melalui kerjasama secara terkoordinasi, guna mengambil langkah pembaharuan sektor penyelenggara negara (public service reform) dalam rangka mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik ( Good Governance.)

Adapun fungsi Inspektorat Kota Medan yakni dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Perencanaan program pengawasan Pemerintah Kota Medan;
2. Perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan; dan
3. Pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan.

Dalam rangka penyelenggaraan tugas pokok tersebut di atas, Inspektorat Kota Medan mempunyai kewenangan sebagai berikut :
a. Penyusunan Kebijakan Pemerintah Daerah
b. Pengoordinasian pelaksanaan tugas dinas daerah dan lembaga teknis daerah;
c. Pemantauan dan evaluasi pada pelaksanaan Kebijakan Pemerintahan Daerah;
d. Pembinaan Administrasi dan Aparatur Pemerintahan Daerah; dan
e. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota Medan sesuai dengan tugas dan fungsinya.